Sunday 3 March 2013

TIPS HADAPI UNAS 2013

Standard
UNAS mungkin sudah terdengar biasa di telinga kita. Bagaimana tidak ?? Ujian yang dilakukan kelas IX dan XII tsb. sudah berjalan bertahun-tahun setelah di tetapkannya UNAS untuk Kelas IX dan XII. akan tetapi untuk UNAS 2013 akan terjadi perbedaan yang sangat melesat, yaitu adanya Berita bahwa Soal dalam 1 ruangan akanj terdiri dari 20 Paket Soal UNAS. Bisa bayangin gak guys??.. 20 Paket soal. :D

Don't worry sloww.... ane bakal kasih beberapa tips Untuk antum semua TIPS SUKSES HADAPI UNAS 2013

Tips Dari ASDA School Surabaya ISLAMIC FULL SCHOOL DAY
  • Untuk si anak, buka mindset mereka, bahwa UNAS ini akan mengantarkan kamu sukses di sekolah favorite dan terkenal sesuai pilihan kamu. biaya sekolahmu kelak akan murah dan difasilitasi sekolah. dpt beasiswa, keluar negeri utk pertukaran pelajar dll yang riil bagus2. (motivasi menang unas, hadiahnya ya tadi) 
  • Minta anak utk tidak gopoh dan tegang, spt ortu / guru saat jelang unas. jangan mau ditarget mereka. enjoy aja. tekankan saat unas berlangsung kerjakan semampunya, dan yang mudah dulu, jangan terjebak di soal yang mbuleti dan sulit, lewati dulu. dan pastikan isi semua lembar jawaban 
  • Ini rahasia, dan tidak bisa dinalar, baca baik2 : utk ortu, khususnya ibu kandung. saat UNAS derrr berlangsung. pantangan atau dilarang STRESS dan PIKIRAN RUWETS, krn kerjaan, cekcok, bingung atau sejenisnya. krn anak saat itu juga bisa stress dan ruwet. ibaratnya si anak kesetrom ibunya. apalagi si anak pernah netek (ASI) selama 2 tahun.stroome tambah kuat. INGAT ITU. 

Tips-Tips lainnya
  1. Memahami 60% Materi Pelajaran Usahakan anda sudah memahami materi-materi pelajaran yang akan diujikan sekitar 50-60 % karena dengan memenuhi standar tersebut akan memudahkan anda dalam mengerjakan soal-soal try out yang akan anda kerjakan sebelum mengerjakan Soal Ujian Nasional. Dari perjalanan-perjalanannya dalam mengerjakan try out ini akan ada proses penambahan penguasaan materi, sehingga sekitar H-7 UN, mungkin sudah menguasai 80-90 % materi pelajaran dan pastinya anda akan mudah dalam mengerjakan soal UN nantinya.
  2. Ikutilah Lembaga Bimbingan Belajar atau Les Privat Dengan anda mengikuti lembaga bimbingan belajar atau les privat, anda akan bertemu dengan tentor-tentor ataupun guru-guru bimbingan/les yang akan mengajari anda tentang pelajaran-pelajaran yang akan diujikan. Memang kebanyakan dari para siswa tidak dapat menerima pelajaran yang diajarkan secara maximal, dan fungsi dari lembaga bimbingan belajar dan les privat itu adalah menembel pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah yang tidak dapat diterima secara maximal. Namun untuk mengikuti tips ini, anda sudah harus mencangkan kata “NIAT” dalam hati anda, karena kalau tidak hasil yang diperoleh akan tidak maximal. Di Lembaga Bimbingan Belajar atau les privat sering di adakan tes, itu akan membuat jam terbang anda dalam mengerjakan soal akan bertambah.
  3. Siapkan Fisik Anda, Usahakan Selalu Sehat Jagalah fisik anda saat H-30 hari menuju Ujian Nasional, pada fase tersebut anda harus menjaga pola makan anda, pola istirahat anda perlu di tambah, dan juga jangan terlalu keluar-keluar jarak jauh jika tidak perlu. Dalam mengerjakan Ujian Nasional memang membutuhkan kosentrasi yang prima oleh karena itu fisik anda harus diusahakan untuk selalu sehat.
  4. WOLLESS CAHH!!! Usahakan Tenang ! Ketenangan adalah salah satu kunci kesuksesan dalam mengerjakan Ujian Nasional selain beberapa faktor lainnya. Usahakan harus tenang, hindari perasaan takut, nervous, cemas, galau, dll yang sering aku sebut sebagai faktor X. Sehingga jika faktor X itu terjadi pada diri anda, maka anda akan merasa terganggu dalam mengerjakan soal nantinya. Banyaklah mengingat yang pada yang maha kuasa dengan selalu berdoa.
  5. Siapkan Seluruh Perlengkapan Ujian Nasional Jauh-Jauh Hari Walaupun mungkin tidak terlalu berpengaruh besar, ini sangat harus di perhatikan yakni perlengkapan Ujian Nasional seperti pensi 2B, penghapus, papan alas, bolpoin, orotan dll. - Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) tes. - Gunakan pensil yang mempunyai diamater inti pensil paling besar, sehingga membuat pensil lebih kokoh dan tidak mudah patah. - Pilih pensil dengan inti pensil yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan kertas. - Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB karena penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK. – Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan debu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak menggangu proses koreksi/scanning. - Rautan dengan pisau yang tajam - Penggaris EBTA dan SPMB, untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari jawaban agar hasilnya lebih rapi. - Bawalah papan alas agar lembar jawaban tetap rapi dan menghindari kertas jawaban sobek akibat permukaan meja yang tidak rata. - Pilihlah papan alas yang rata, tidak mudah melengkung, dan licin. Dianjurkan menggunakan acrylic untuk hasil yang maksimal. Untuk penganjuran Pensil EBTANAS gunakan Lyra Pencil segitiga / Faber Castel yang di dalam paket Ujian Faber Castell.
  6. Ikuti Beberapa Workshop Mengenai “Ujian Nasional” Dengan mengikuti workshop mengenai Ujian Nasional anda akan lebih mengerti Apa, Bagaimana, Kenapa, Kapan Ujian Nasional. Beberapa dari workshop itu juga sebagian memberitahukan kepada anda tips-tips dalam mengerjakan Ujian Nasional. Ada juga Workshop yang bersifat ESQ yang akan membantu anda dalam motivasi dan ketenangan hati.
  7. Mintalah Doa Orangtua, Guru, dan Paling Penting Doa Ibu Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat dekat dengan kita yakni kedua orangtua, dan orang yang memberikan ilmu yakni Guru. * Minta maaflah kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional * Mintalah Doa restu kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional, terutama doa ibu! * Salimlah kepada kedua orangtua dan guru ketika berangkat saat akan berangkat menuju sekolah saat Ujian Nasional.
  8. Percaya Diri Percaya pada diri sendiri, jangan percaya dengan hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau kita sudah menguasai materi, ngapain kita harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun saat Ujian Nasional tidak Percaya Diri, hasilnya pun Jeblok.
  9. Bacalah arikel ini Dengan membaca artikel ini, anda mungkin akan terbantu dalam menghadapi Ujian Nasional nantinya. Ini memang sedikit dari banyak tips-tips lain dalam menghadapi Ujian Nasional Itu dia TIPS SUKSES HADAPI UNAS 2013. Sekian dulu dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan kita semua LULUS 100%

0 comments:

Post a Comment